Monday 9 January 2017

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami



Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi atau datang bulan yang berbeda. Namun untuk normalnya seorang wanita akan mengalami siklus menstruasi 30 hari dan 15 hari lama mengalami menstruasi. Jika melebihi maka perlunya anda melaukukan pemeriksaan terhadap siklus bulanan anda. Namun yang harus anda ketahui jangan pernah merasa panik ataupun resah jika Anda mengalami telat datang bulan, karena telat datang bulan bukan berarti selalu menandakan kehamilan pada diri anda.
        Terdapat beberapa aspek yang dapat menyebabkannya, telatnya datang bulan memang terlihat sangat menegangkan ketika dialami oleh wanita yang belum ingin hamil. Namun kembali lagi terhadap pernyataan sebelumnya tidak semua telat datang bulan menandakan kehamilan. Oleh karena itu agar tidak menjadikan Anda semakin larut dalam keresahan karena mengalami telat datang bulan, berikut ini akan saya sajikan sedikit ulasan mengenai tips mengatasi telat datang bulan secara alami. Apakah anda sedang mengalami telat datang bulan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa perhatikan ulasan berikut ini.

 

1. Menggunakan Ramuan dari daun pepaya

Siapa sangka jika daun pepaya yang notabene dibenci orang karena rasanya pahit ternyata berguna untuk melancarkan haid. Untuk membuat ramuannya sangatlah mudah yaitu ambil beberapa lemvar daun pepaya yang masih segar (langsung dipetik dari pohonnya), kemudian cuci sampai bersih. Rebus daun tersebut menggunakan 3 gelas air dan biarkan sampai mendidih hingga volume air tinggal 1 gelas saja.
Ramuan ini bisa anda langsung anda minum secara rutin 1x sehari. Namun untuk mengurangi rasa pahitnya, anda bisa menambahkan beberapa tetes madu atau gula pasir kedalam ramuan yang telah anda buat.

2. Menggunakan Ramuan dari jeruk nipis

Jeruk nipis biasanya sering dibuat jus atau sebagai bumbu pelengkap. Namun, anda akan takjub jika mengetahui kandungan berlimpah dari buah ini. jeruk nipis mengandung asam askorbat, zinc, fosfor, minera, kalsium, kalori, lemak, protein dan tentunya viamin C. semua nutirisi tersebut sangat baik untuk kesehatan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Selain itu jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai ramuan untuk mengobati telat haid. Cara pengolahannya yaitu :
-Sediakan 1 buah jeruk nipis yang sudah tua
-Peras airnya dan hilangkan bijinya
-Campur dengan 2 sendok madu dan 2 gelas air
-Aduk ramuan ini hingga tercampur rata dan minum selagi masih baru.
Selain berguna untuk mengatasi telat haid, ramuan diatas juga sangat baik untuk mengobati sariawan. Konsumsilah ramuan ini minimal 2x sehari agar khasiatnya cepat terasa.

3. Menggunakan daun iler

Sebelum kita membuat ramuannya persiapkan dulu 2 gelas air & 6 lembar daun iler. Dau iler tersebut direbus menggunakan 2 gelas air sampai airnya mendidih selam 15 minute. Jika sudah selesai, dinginkan air yg sudah direbus tadi lalu disaring airnya sebelum diminum

4. Memakai daun alpukat

Daun alpukat bermanfaat buat mengobati telat haid. tips pemakainya juga sama dengan dau iler diatas yakni direbus & hasilnya diminum.

5. Melakukan Olahraga yg cukup

Salah satu pola hidup sehat yg baik dalam merawat kesehatan & kebugaran tubuh ialah rutinitas olaraga yg tidak berlebihan. hal tersebut berpungsi buat merawat organ tubuh agar bisa bekerja dengan cara maksimal. salah satu olahraga yg bisa mmengobati telat haid ialah yoga.

6. Beristirahat yang cukup

Tubuh yg terlalu lelah & kurang tidur berpotensi mengakibatkan telat haid sehinga dengan memberikan porsi istirahat yg cukup untuk tubuh bakal memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

7. Menjaga kebersihan organ intim

Saat beraktifitas, ribuan bakteri dan virus akan masuk menyerang organ intim wanita. Untuk itu kebersihan organ intim sangat perlu dijaga, karena jika kebersihan organ intim tidak terjaga bisa menjadi salah satu penyebab masalah kewanitaan yang berujung. Beberapa cara merawat kebersihan organ intim adalah dengan selalu menggunakan celana dalam yang bersih, membasuh vagina dari arah depan, mengganti pembalut secara rutin, menghindari aktifitas oral sex, tidak menggunakan pakaian secara bergantian, rutin mencuci celana dalam dan membersihkan kemaluan dengan air daun sirih.
Bagi wanita yang mengalami telat haid, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga dan yoga secara teratur. Gerakan yoga memiliki banyak variasi yang sangat unik dan baik bagi kesehatan. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa gerakan yoga pada wanita bisa membantu mengatasi telah haid. Oleh karena itu, jika anda sering mengalami telah haid, cobalah untuk mengunjuni tempat-tempat aerobic agar mendapat panduan khsusus mengenai gerakan yoga yang benar.
Wanita yang telat haid juga diharuskan lebih banyak beristirahat. Karena aktifitas berat yang sangat melelahkan bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Oleh karena itu, anda sebaiknya menghindari aktifitas berlebihan dan dianjurkan untuk lebih banyak istirahat. Jalanilah pola hidup yang sehat dengan beristirahat minimal 8 jam perhari. (Baca: cara beristirahat yang benar).


Demikian info dari saya. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih

2 comments: